Memuat data…

0 Hasil Pencarian

Dengan semangat berbagi kepada sesamanya Damai Putra Group menyelenggarakan acara “Damai Putra Peduli” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Juni…

8 Cara Membersihkan Rumah Setelah Isoman

Melonjaknya kasus Covid-19 membuat rumah sakit dan tenaga kesehatan kewalahan untuk menangani pasien bergejala sedang dan berat. Untuk itu, pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Setelah digunakan untuk isoman, rumah harus dibersihkan karena virus bisa menempel di mana saja.

Virus Corona terbukti dapat bertahan hidup selama berjam-jam bahkan berhari-hari di permukaan benda. Oleh karena itu, untuk mencegah tertularnya virus Corona, perlu membersihkan rumah secara menyeluruh.

Membersihkan rumah setelah dipakai isolasi mandiri pasien Covid-19 perlu memperhatikan sejumlah hal. Dikutip dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah membersihkan rumah setelah digunakan untuk isolasi mandiri:

1. Memakai masker dan sarung tangan

Hal pertama yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan ketika membersihkan rumah yang habis dipakai isoman, yakni dengan memakai masker dan sarung tangan.

Masker dibutuhkan untuk melindungi diri dari masuknya virus ke tubuh. Sementara itu, sarung tangan dibutuhkan agar droplet dan debu tidak langsung mengenai tangan.

2. Membuka jendela dan menyalakan kipas angin

Langkah selanjutnya, membuka jendela dan menyalakan kipas angin. Hal ini perlu langsung dilakukan setelah anggota keluarga yang sembuh dari Covid-19 meninggalkan ruang isoman di rumah.

Tunggu selama 24 jam untuk membiarkan sinar matahari masuk dan terjadinya sirkulasi udara di dalam ruangan isolasi.

Kemudian, pakai masker dengan tingkat efikasi tinggi seperti masker N-95 dan sarung tangan karet atau lateks untuk mencegah kontak langsung dengan furnitur atau barang-barang yang disentuh anggota keluarga yang isoman.

3. Memisahkan perabot dan barang yang digunakan

Segera singkirkan perabot dan barang-barang pribadi yang dipakai oleh anggota keluarga yang isoman.

Ini mulai dari pakaian kotor, peralatan makan, sprei, sarung bantal, sarung guling serta benda-benda lainnya yang dipakai atau disentuh selama menjalani isoman.

Keluarkan dari ruangan dan letakkan di area aman yang tidak akan dijangkau oleh anggota keluarga lainnya. Tentukan barang apa yang akan dicuci, barang apa yang akan dibersihkan menggunakan cairan pembersih atau disinfektan, dan barang apa yang akan dibuang.

4. Bersihkan benda-benda dengan cairan pembersih atau disinfektan

Setelah mengeluarkan barang-barang pribadi, selanjutnya membersihkan area dan furnitur yang memiliki permukaan keras. Mulai menyapu, mengepel lantai, membersihkan rangka tempat tidur, membersihkan meja, kursi, sofa, kabinet serta bagian rak TV.

Bersihkan juga sudut dan benda-benda yang lebih kecil seperti gagang pintu, teralis jendela, bagian dalam rak dan laci, bahkan area-area tersembunyi yang jarang terjamah.

Bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih khusus, seperti untuk mengepel lantai, membersihkan cermin, kaca jendela, dan lain-lain. Untuk proteksi ekstra, juga bisa menggunakan disinfektan untuk perabotan agar bisa dipastikan semuanya bersih dari virus.

5. Jangan lupa bersihkan alat-alat elektronik

Jangan lupa untuk membersihkan peralatan elektronik yang digunakan selama isolasi mandiri. Misalnya, remote TV, remote AC, laptop, mouse, keyboard, tablet, sampai ponsel atau telepon genggam yang digunakan anggota keluarga yang isoman.

Bersihkan perlengkapan elektronik ini dengan memakai disinfektan, tetapi lebih baik memakai cairan pembersih khusus elektronik tanpa alkohol. Cairan pembersih beralkohol dapat meningkatkan risiko peralatan elektronik untuk rusak.

6. Mencuci benda-benda berbahan kain secara terpisah

Segala benda berbahan kain perlu dicuci dengan bersih, menyeluruh, dan terpisah dengan pakaian atau kain yang digunakan oleh semua orang di rumah.

Alangkah lebih baik jika memiliki dua mesin cuci, yang mana satu mesin cuci akan dikhususkan untuk benda-benda ini. Namun, jika hanya memiliki satu mesin cuci, pastikan untuk membersihkan bagian dalam tabung mesin cuci untuk proteksi ekstra.

Jika ingin mencuci dengan tangan, pastikan tetap menggunakan sarung tangan, masker, dan salah satu langkah preventif yakni dengan merebus pakaian dan kain dalam air mendidih untuk mematikan virus.

7. Membersihkan peralatan makan

Idealnya, selama isoman menggunakan peralatan makan plastik sehingga bisa langsung dibuang setelah dipakai. Namun, jika anggota keluarga yang isoman menggunakan peralatan makan logam, pastikan untuk memisahkannya di awal saat melakukan pembersihan.

Kemudian, cuci di area yang terpisah dari bak cuci piring di dapur untuk mengurangi risiko penyebaran virus. Jangan lupa membersihkannya menggunakan sarung tangan dan masker.

Untuk berjaga-jaga, cuci dengan spons baru yang sebaiknya langsung dibuang saja. Merebus peralatan makan logam dalam air mendidih atau menggunakan boks sinar UV juga bisa dilakukan untuk memastikan keamanan dan kesterilan ekstra, sehingga segala peralatan bisa bersih secara maksimal.

8. Lakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan rumah

Supaya bisa memastikan rumah terbebas dari virus, lakukan penyemprotan disinfektan atau disinfeksi di seluruh ruangan rumah. Mudahnya saat ini sudah banyak layanan penyemprotan disinfektan yang bisa juga disewa di rumah.

Itulah langkah-langkah untuk membersihkan rumah setelah dipakai isolasi mandiri. Jangan sampai lengah dan membiarkan virus Covid-19 hadir di rumah, ya!

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa diterapkan di rumah.

Inspirasi Lainnya

Anda sedang berencana membeli rumah pertama, mencari hunian untuk keluarga, atau mengembangkan bisnis? Kota Harapan Inda...

Tahun ini, "punya rumah sendiri" jadi urutan teratas resolusi Anda. Setelah mantap memutuskan membeli rumah, ada banyak...

Membuat resolusi dan harapan-harapan di tahun baru bisa membuat Anda lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari;...

Tahun 2018 adalah tahun yang penuh tantangan di berbagai industri, semua pihak sangat berhati-hati untuk melakukan inves...

Melakukan Pencarian…
Spesifikasi Hunian
Wilayah
Budget

Temukan Hunian Idaman Anda

Saya ingin mencari hunian yang dilengkapi dengan:
Saya ingin tinggal di
Saya memiliki budget
Kembali Selanjutnya

Maaf, Properti Yang Anda
Cari Tidak Ditemukan.

Lihat properti lainnya yang sesuai kriteria rumah idaman Anda

Inilah hunian idaman Anda

L. Tanah 120 / L. Bangunan Var