Memuat data…

0 Hasil Pencarian

Dengan semangat berbagi kepada sesamanya Damai Putra Group menyelenggarakan acara “Damai Putra Peduli” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Juni…

Menerapkan Prinsip Ramah Lingkungan di Rumah Urban

Cuaca yang tidak menentu belakangan ini kerap dianggap sebatas efek dari musim pancaroba saja. Padahal bisa jadi ini adalah dampak dari pemanasan global yang ternyata salah satu pemicu utamanya berasal dari kegiatan rumah tangga. Mulai dari rumah sendiri, intip 6 cara menerapkan prinsip rumah ramah lingkungan sebagai bentuk kepedulian Anda terhadap keselamatan dan kelestarian bumi.

  1. Memaksimalkan material alam sebagai bahan bangunan

Pilih ragam bahan bangunan dan perlengkapan rumah tangga yang “bersahabat” dengan lingkungan dan kesehatan penghuni, misalnya lantai kayu, kursi rotan, dan dinding batu. Jangan ragu untuk memanfaatkan perabotan hasil daur ulang.

  1. Memanfaatkan sumber daya alam sebagai sumber energi hunian

Kalau bisa pakai sinar matahari, mengapa harus menyalakan lampu di siang hari? Jika rumah punya sirkulasi udara yang lancar dan sejuk, mengapa harus menyalakan AC? Saat membangun atau memilih hunian, pilih desain yang mampu memaksimalkan sumber energi alami, misalnya dengan jumlah jendela dan bukaan yang cukup atau menggunakan panel surya.

  1. Peduli limbah rumah tangga

Kurangi pencemaran akibat sampah rumah tangga dengan memiliki saluran air atau selokan yang bersih dan lancar, pemanfaatan septic tank, dan pengelolaan sampah yang cermat. Bila perlu, terapkan lubang biopori di halaman rumah yang bisa membantu Anda mengubah sampah organik dari aktivitas dapur menjadi kompos.

  1. Punya area hijau di rumah

Setidaknya alokasikan 25% lahan hunian untuk area hijau. Tidak punya cukup lahan? Bikin “taman mini” di rooftop Anda atau hadirkan tanaman hias di sudut-sudut ruangan atau teras rumah.  

  1. Terapkan kebiasaan hemat air dan energi

Rumah sudah siap untuk mendukung gaya ramah lingkungan, namun bagaimana dengan perilaku penghuninya? Jangan lupa menerapkan kebiasaan ramah lingkungan: mematikan lampu yang tak perlu, mencabut peralatan elektronik yang tak digunakan, beralih menggunakan shower untuk mandi, serta gunakan keran air seperlunya saja.

Menerapkan prinsip rumah ramah lingkungan bisa menjadi kontribusi nyata Anda untuk mengurangi limbah, penghematan energi, meningkatkan kualitas udara dan air, serta membantu mengurangi dampak pemanasan global, minimal pada lingkungan sekitar Anda.

Bersama Damai Putra Group, Anda bisa mewujudkan konsep hunian ramah lingkungan Anda dengan beragam hunian yang berkonsep eco-friendly. Komitmen Damai Putra Group terhadap lingkungan juga ditunjukkan antara lain dengan memberikan bantuan berupa tempat sampah organik dan non-organik yang diserahkan langsung kepada Walikota Bekasi sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.   

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang properti Damai Putra Group, jelajahi website kami atau hubungi kami sekarang juga di (021) 8898-6688.

Inspirasi Lainnya

Anda sedang berencana membeli rumah pertama, mencari hunian untuk keluarga, atau mengembangkan bisnis? Kota Harapan Inda...

Tahun ini, "punya rumah sendiri" jadi urutan teratas resolusi Anda. Setelah mantap memutuskan membeli rumah, ada banyak...

Membuat resolusi dan harapan-harapan di tahun baru bisa membuat Anda lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari;...

Tahun 2018 adalah tahun yang penuh tantangan di berbagai industri, semua pihak sangat berhati-hati untuk melakukan inves...