Memuat data…

0 Hasil Pencarian

Dengan semangat berbagi kepada sesamanya Damai Putra Group menyelenggarakan acara “Damai Putra Peduli” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Juni…

Tingkatkan Kemudahan Membeli Tanah di Tahun 2023: Panduan Lengkap Mengajukan Kredit Pemilikan Tanah

Ada banyak cara yang dapat ditempuh oleh masyarakat untuk memiliki properti pribadi, misalnya dengan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dan KPT (Kredit Pemilikan Tanah). Bahkan ada pula KPA atau Kredit Pemilikan Apartemen dengan objek properti berupa apartemen. Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan secara detail mengenai panduan mengajukan KPT. Berikut simak selengkapnya.

Baja Juga: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan, Ukuran Tanah berserta Tips membeli Tanah Kavling untuk Investasi Properti

Perbedaan KPT dan KPR: Mana yang Lebih Sesuai untuk Anda ?

Baik KPT maupun KPR merupakan prosedur meminjam uang pada bank untuk membeli properti. Bedanya, KPR digunakan untuk membeli rumah dan KPT digunakan untuk membeli tanah maupun kavling lahan. Jadi yang membedakan keduanya hanya objek yang dibeli saja, secara umum produk layanannya hampir sama.

Masyarakat sendiri mengajukan KPT untuk berbagai alasan. Mulai dari sebagai tempat tinggal di masa yang akan datang, untuk investasi properti, atau bisa juga digunakan sebagai tempat usaha. Lantas, mana yang lebih sesuai antara KPT dan KPR untuk Anda ?

Tentu ini tergantung pada kebutuhan masing-masing. Secara umum, harga tanah lebih murah dibandingkan rumah sehingga membuat Anda irit budget. Namun itu pun kembali pada lokasi dan luas tanah yang akan dibeli. Keunggulan lainnya, nanti Anda bisa membangun rumah sesuai dengan desain yang diinginkan di atas tanah tersebut.

Sebab biasanya rumah KPR tidak dapat didesain sendiri sesuka hati. Akan tetapi, mungkin bagi sebagian orang ini lebih praktis karena siap huni dan Anda pun tidak perlu repot mengurus dokumen bangun rumah secara mandiri. Jadi intinya masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri, Anda hanya perlu menyesuaikan sesuai kebutuhan.

Daftar Bank yang Menawarkan Program KPT di Tahun 2023

Kredit pemilikan tanah atau KPT di bank memang sejauh ini tidak sepopuler KPR, sehingga banyak orang yang tidak tahu bahwa bank juga menyediakan program tersebut. Padahal bank di dalam negeri ada cukup banyak yang menyediakannya, baik itu bank konvensional maupun syariah. 

Sebut saja Bank BCA, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank Syariah. Beberapa bank ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan apabila ingin membeli tanah dengan cara kredit. Jadi bukan hanya rumah saja yang dapat dibeli secara kredit, tanah juga bisa. Simak terus untuk mengetahui bagaimana prosedur pengajuannya.

Dokumen dan Syarat Mengajukan KPT

Syarat dan dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan KPT tidak jauh berbeda dari KPR. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon nasabah untuk mengajukan kredit pemilikan tanah meliputi memiliki usia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal 55 tahun (pegawai) hingga 65 tahun (wiraswasta), WNI, serta sudah bekerja minimal 2 tahun lamanya.

Sementara itu, dokumen yang diminta biasanya meliputi fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi surat menikah jika sudah menikah, fotokopi NPWP, fotokopi buku rekening tabungan 3 bulan terakhir, fotokopi rekening koran 6 bulan terakhir, slip gaji, pas foto pemohon, dan dokumen kepemilikan agunan. Selebihnya bisa ditanyakan kembali ke bank tujuan Anda.

Cara Mengajukan KPT

Untuk mengajukan kepemilikan tanah, Anda bisa langsung mendatangi bank yang menyediakan program tersebut dengan membawa dokumen persyaratan. Nantinya bank akan memberikan formulir permohonan KPT yang harus Anda isi. Setelah menyerahkan formulir dan dokumen persyaratan, pihak bank perlu melakukan analisis terlebih dahulu.

Analisis dilakukan terhadap keabsahan dokumen, luas tanah yang ingin dibeli, lokasi properti, hingga harga pasaran. Sehingga disetujui atau tidaknya permohonan KPT ini biasanya akan diberitahukan oleh bank setelah 2-4 minggu. Jika disetujui, maka Anda harus menandatangani surat perjanjian kredit dan membayar uang muka serta biaya lainnya seperti biaya administrasi.

Membeli Tanah dengan Kredit: Manfaat dan Tantangan

Manfaat membeli tanah dengan kredit ada banyak. Adanya program kredit pemilikan tanah ini memudahkan Anda membeli tanah di tengah tingginya harga properti seperti sekarang. Apalagi harga tanah cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Sehingga cara ini dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Dan dibandingkan KPR, harga beli tanah relatif lebih murah jika ditinjau di lokasi yang sama. Penggunaan lahan ini pun sangat fleksibel, karena bisa Anda sesuaikan kebutuhan. Anda dapat membangun usaha di atas tanah yang sudah dibeli selain rumah. 

Tantangannya yaitu cicilan yang harus dibayar setiap bulan. Selain itu, Anda wajib memiliki tempat tinggal untuk saat ini. Karena KPT hanya untuk membeli sebuah lahan, yang berarti tidak ada bangunan rumah di atas tanah yang dapat ditinggali.

Baca Juga: 3 Cara Cek Sertifikat Tanah Online, Mudah dan Cepat Tanpa Harus ke Luar Rumah!

Tips Mengajukan KPT

Baru pertama kali mengajukan KPT ? Tenang, ada tips yang dapat Anda lakukan agar proses kredit berjalan lancar. Yakni pastikan bahwa tanah yang akan Anda cicil sudah memiliki SHM (Sertifikat Hak Milik). Karena bank biasanya lebih sulit mencairkan plafon kredit untuk tanah yang sebatas memiliki AJB (Akta Jual Beli), apalagi statusnya tanah girik.

Apalagi jika Anda mengajukan kredit pemilikan tanah untuk keperluan investasi. Maka harus diperhatikan terkait prospek kenaikan harga properti. Anda perlu jeli dalam melihat perkembangan lingkungan sekitar, apakah sudah tersedia fasilitas umum atau tidak dan lain sebagainya.

Program KPT menghadirkan kemudahan dalam membeli tanah di zaman sekarang. Ini adalah cara lainnya yang dapat ditempuh selain KPR untuk memiliki sebuah properti. Tertarik ? Anda bisa datang secara langsung ke bank yang menyediakan program tersebut untuk mengajukan kredit.

Inspirasi Lainnya

Anda sedang berencana membeli rumah pertama, mencari hunian untuk keluarga, atau mengembangkan bisnis? Kota Harapan Inda...

Tahun ini, "punya rumah sendiri" jadi urutan teratas resolusi Anda. Setelah mantap memutuskan membeli rumah, ada banyak...

Membuat resolusi dan harapan-harapan di tahun baru bisa membuat Anda lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari;...

Tahun 2018 adalah tahun yang penuh tantangan di berbagai industri, semua pihak sangat berhati-hati untuk melakukan inves...

Melakukan Pencarian…
Spesifikasi Hunian
Wilayah
Budget

Temukan Hunian Idaman Anda

Saya ingin mencari hunian yang dilengkapi dengan:
Saya ingin tinggal di
Saya memiliki budget
Kembali Selanjutnya

Maaf, Properti Yang Anda
Cari Tidak Ditemukan.

Lihat properti lainnya yang sesuai kriteria rumah idaman Anda

Inilah hunian idaman Anda

L. Tanah 120 / L. Bangunan Var